Perkembangan Teknologi Virtual Reality dan Teknologi Game
Latar Belakang
Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkugan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Pada awalnya VR berbentuk dalam karya sebuah lukisan Panjang yang menceritakan tentang suasana yang lukisan tersebut. Perkembangan virtual reality mengalami peningkatan pesat dengan masuknya perangkat-perangkat VR dengan fitur-fitur canggih seperti Oculus Rift, HTC Vive, Playstation VR, dan lainnya.
Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensai dunia nyata dalam dunia maya. Saat ini perkembangan terknologi virtual reality tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa dirasakan, namun juga indra lainnya. Teknologi virtual reality telah banyak diterapkan dalam beberapa sector industry seperti kedokteran, penerbangan, Pendidikan, arsitek, militer.
Virtual reality sangat membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dirasakan langsung dalam dunia nyata. Seperti dibidang kedokteran, virtual reality bisa menghadirkan simulasi praktek kedokteran secara virtual. Para user bisa merasakan sensai bagaimana cara dokter menangani pasien secara nyata dengan virtual rality.
Karena virtual reality sangat mengesankan tentunya kita sangat betah memainkannya selama yang kita inginkan. Walau demikian, sisipkanlah waktu untuk berkumpul Bersama keluarga dan teman. Saat ini juga, sudah ada sebuah software aplikasi virtual chat, dengan aplkasi tersebut kita bisa berinteraksi dengan orang-orang diseluruh dunia yang terhubung menggunakan aplikasi tetrsebut. Ya dari kehidupan social, ini bagus.
Kesimpulan
Virtual reality merupakan teknologi yang sangat menarik. Karena bisa merasakan dunia virtual seperti nyata didalamnya. Selain itu manfaat virtual reality sangat banyak dalam beberapa sector, terutama sector industry, sangat berguna untuk edukasi para calon pekerja seperti bidang kedokteran, penerbangan, dan lainnya.
Perkembangan teknologi game
Teknologi game generasi pertama(1952-1975)
Game pertama
Teknologi game diciptakan pertama kali oleh A.S.Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge. Ia mendemonstrasikan game buatannya melalui tesis dalam rangka mengenai interaksi antara manusia dan komputer. Game pertama yang diciptakan adalah sebuah permainan bernama Tic-Tac-Toe atau XOXO yang deprogram emnggunakan komputer EDSAC vaccum-tube, yang mana komputer ini memiliki layer CRT (Cathide Ray Tube).
Game kedua
Setelah tercpitanya game XOXO yang dibuat oleh A.S.Douglas, membuat banyak orang terinspirasi olehnya. Pada tahun 1958 game yang berjudul Tennis fot Two yang dibuat oleh William Higinbotham yang dimainkan di osiloskop. Sama seperti generasi pertama, game ini masih sangat sederhana. Tatap antarmukanya masih menyamping dan sangat terbatas.
Game Ketiga
Beberapa tahun setelahnya, game selanjutnya hadir bersamaan dengan naik daunnya teknologi komputer. Steve Russel menciptakan game berjudul Spacewar karena terinspirasi dari kisah fiksi ilmiah karya Edwar E Smith yang berjudul Skylark. Game ini diciptakan menggunakan fitur mainframe MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistic.
Teknologi game generasi kedua1976-1983)
Pada generasi kedua, teknologi game berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Masa ini dikenal dengan hadirnya grafik 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Karena di tahun 1976, teknologi game berhasil dihidupkan kembali oleh Fairchild bersama karyanya yaitu VES (Video Entertainment System). Dalam dekade generasi kedua ini, banyak perusahaan yang menciptakan teknologi game berbasis konsol. Seperti Fairchild Channel F, Magnafox Odyssey versi 2, Attari 2600, hingga Attari 5200.
Dari berbagai besutan tersebut, perusahan-perusahan lain ternyata tidak dapat mengalahkan teknologi milik Attari 2600. Bahkan pada tahun 1980, berbagai produsen konsol baru bermunculan dan menjadikan Atari 2600 sebagai desain dan konsep dasar. Sehingga perkembangan game menjadi semakin maju.
Pada era ini juga terlahir banyak game-game baru yang lebih mengenalkan suasana 3D seperti Battlezone besutan Atari, Pac Man keluaran Namco, Game & Watch milik Nintento dan lain sebagainya dari perusahaan lainnya.
pada tahun 1983 penjualan konsol video game mulai berkurang dan banyak orang yang mulai meninggalkannya. Hal ini dikarenakan kurang kreatifnya para pembuat game. Ditambah lagi dengan perkembangan PC semakin canggih sehingga membuat banyak orang memutuskan membeli PC ketimbang konsol video game.
Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)
pada akhir tahun 1983 silam, konsol game baru buatan Nintendo yakni Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) resmi diluncurkan. FAMICOM merupakan konsol game pertama yang menampilkan gambar dan animasi beresolusi tinggi. Kehadiran perangkat ini disambut baik oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan game legendaris yaitu Super Mario pertama kali muncul di perangkat Nintendo dan Famicon.
Kehadiran Super Mario akhirnya kembali membuat penjualan konsol game meningkat, bahkan karena hal ini banyak perusahaan software dan hardware yang menghentikan produksinya. Mengingat Super Mario pada saat itu terjual sangat pesat, perangkat lain baik itu software maupun hardware tidak laku di pasaran sehingga tidak heran karena tidak mau ambil risiko banyak perusahan yang memilih menghentikan produksinya secara sementara.
Penjualan Super Mario sekaligus membuat Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Dan mereka berhasil mendominasi pasar video game di sana, sehingga hal ini secara tidak langsung menimbulkan persaingan antar perusahaan konsol game, yaitu Nintendo yang merupakan pendatang, dengan SEGA yang notabennya memang bertempat di Amerika.
Teknologi Game Generasi Keempat(1988-1993)
Pada tahun 1988 nitendo mengeluarkan konsol game baru dengan generasi 16 bit sekaligus membawa perubahan drastic pada gameplay, tata suara, grafik, dan lain sebagainya. Beberapa waktu kemudian SEGA membuat konsol game yang memiliki gambar lebih tajam dan animasi lebih halus ketimbang milik nitendo. Konsol game baru milik nitendo yakni SNES(Super Nitendo Enterteinment System) dapat menyaingi SEGA Megadrive pada tahun 1990. Selang beberapa tahun SEGA meluncurkan game berjudul Sonic the Hedgehog. Sehingga menjadi saingan dari game super Mario.
Teknologi Game Generasi Kelima(1993-1999)
Atari mencoba meluncurkan konsol yaitu Atari Jaguar yang mempunyai kecanggihan setara SNES dan Megadrive. Tetapi penggunaannya lebih sulit sehingga kurang diminati oleh gamer. Sony pertama kali meluncurkan konsol game berbasis CD. Dan mengeluarkan Playstation menggunaan teknologi 32 bit. Beberapa waktu kemudian, Nitendo mengeluarkan konsol baru yakni Nitendo 64 dan SEGA merilis SEGA Saturn.
Teknologi Game Generasi Keenam(2000-2013)
Pada tahun 2000, sony merilis playstation 2 berbaasis DVD dengan tampilan yang jauh lebih baik dari milik pesaingnya. Konsol yang dapat menyaingi sony yaitu Xbox milik Microsoft. Pada era tersebut Xbox tidak mampu menyaingi playstation dan SEGA mengakui kekalahannya dan berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Teknologi Game Generasi Ketujuh(sekarang)
erkembangan konsol game semakin menjadi pada masa-masa ini, tiga perusahaan teknologi konsol game yaitu Sony, Microsoft, dan Nintendo masih bersaing dan terus mengeluarkan konsol-konsol game versi baru buatan mereka. Sony kembali mengeluarkan Playstation 3-nya dan meneruskan hingga sekarang Playstation 4. Nintendo masih berusaha bangkit dengan meluncurkan Nintendo Wii, dan Microsoft memperkenalkan Xbox 360 hingga terbaru Xbox One. Meskipun demikian, Microsoft dan Nintendo masih tidak dapat mengalahkan konsol game Playstation 4 milik Sony. Terlebih lagi baru-baru ini juga semakin meningkat perkembangan sistem game online yang tentu saja melibatkan player-vs-player. Keseruan tersebut membuat banyak pengguna game yang meninggalkan game-game single player bernotaben membosankan.
Komentar
Posting Komentar